Mengenal Cloud Computing

Di jaman sekarang ini, kita mulai mengenal istilah Cloud sebagai basis suatu aplikasi komputer. Cloud menjadi tren di dunia IT khususnya.

Apa itu Cloud Computing?

Cloud Computing (dalam bahasa Indonesia disebut komputasi awan) adalah proses pengolahan daya komputasi (baik CPU, RAM, Network Speeds, Software, OS maupun Storage) melalui jaringan (biasanya lewat internet). Jadi transfer data yang terjadi bukan secara fisik dan sumber daya komputasi yang dimiliki berada di lokasi pengguna yang memakai layanannya.


Mengapa saya butuh Cloud Computing?

Setelah penjabaran definisi singkat diatas tentu penggunaan teknologi dengan sistem cloud cukup memudahkan pengguna selain dalam hal efisiensi data, juga penghematan biaya. Berikut manfaat manfaat yang dapat dipetik lewat teknologi berbasis sistem cloud.

1.    Semua Data Tersimpan di Server Secara Terpusat
Salah satu keunggulan teknologi cloud adalah memungkinkan pengguna untuk menyimpan data secara terpusat di satu server Cloud Computing itu sendiri. Selain itu, pengguna juga tak perlu repot repot lagi menyediakan infrastruktur seperti data center, media penyimpanan/storage dll karena semua telah tersedia secara virtual.

2.    Keamanan Data
Keamanan data pengguna dapat disimpan dengan aman lewat server yang disediakan oleh penyedia layanan Cloud Computing seperti jaminan platform teknologi, jaminan ISO, data pribadi, dll.

3.    Fleksibilitas dan Skalabilitas yang Tinggi
Teknologi Cloud menawarkan fleksibilitas dengan kemudahan data akses, kapan dan dimanapun kita berada dengan catatan bahwa pengguna (user) terkoneksi dengan internet. Selain itu, pengguna dapat dengan mudah meningkatkan atau mengurangi kapasitas penyimpanan data tanpa perlu membeli peralatan tambahan seperti hardisk. 

4.    Investasi Jangka Panjang
Penghematan biaya akan pembelian inventaris seperti infrastruktur, hardisk, dll akan berkurang dikarenakan pengguna akan dikenakan biaya kompensasi rutin per bulan sesuai dengan paket layanan yang telah disepakati dengan penyedia layanan Cloud Computing. Biaya royalti atas lisensi software juga bisa dikurangi karena semua telah dijalankan lewat komputasi berbasis Cloud.             

Apasaja Cloud Provider di Indonesia?

Seiring dengan perkembangan teknologi cloud serta banyaknya kebutuhan layanan cloud di Indonesia, maka banyak bermunculan penyedia layanan cloud atau cloud provider yang menawarkan produk serta solusi cloud sesuai dengan kebutuhan pelanggan. 

Salah satu penyedia layanan cloud di Indonesia, Zettagrid Cloud adalah penyedia layanan cloud berbasis Infrastructure as a Service (IaaS) meliputi Virtual Server, Virtual Data Center, Backup dan Disaster Recovery. Zettagrid Cloud sudah memiliki server di Indonesia sehingga data tetap ada di region negara dan aman. Untuk detailnya silahkan hubungi kami disini! 
Source : 



No comments

Powered by Blogger.